Warintek di Batusangkar
6 Mar 2003 Volume: 2 No: 1

Program iptekda LIPI V adalah berupa pendirian Warung Informasi dan Teknologi (Warintek) oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) di Batusangkar , Sumatera Barat. Pemilihan lokasi ini didasarkan pada kenyataan bahwa kesenjangan informasi yang terjadi di daerah mengakibatkan terjadinya kesenjangan kualitas sumber daya manusia antara masyarakat kota besar dan kota-kota yang ada di daerah.

Kemudahan memperoleh informasi di kota besar menyebabkan masyarakat secara umum mempunyai informasi relatif cukup, khususnya informasi ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Sebaliknya di daerah kecil dan terpencil sangat miskin informasi karena sulit dan kurangnya sarana untuk memperoleh informasi tersebut.
PDII-LIPI sebagai lembaga yang bergerak di bidang dokumentasi dan informasi berusaha untuk menjembatani kesenjangan informasi tersebut. PDII telah mendirikan Warung Informasi dan Teknologi (Warintek) di bebarapa kota di Sumatera dan Pulau Jawa, misalnya Palembang, Padang dan Malang, Sejauh ini, kegiatan warintek di kota-kota tersebut berjalan lancar dan baik. Hal ini terbukti dengan banyaknya tanggapan masyarakat pengguna yang memanfaatkan jasa penelusuran informasi dan penggandaan dokumen maupun jasa informasi lainnya ke PDII – LIPI.
Dalam pengembangannya pada tahun 2002 dipilih Batusangkar, ibukota Kabupaten Tanah Datar di Sumatera Barat, karena daerah ini belum mempunyai sarana yang memadai untuk keperluan akses informasi. Batusangkar layanan informasi, yakni dari kalangan masyarakat umum, pegawai instansi pemerintah, mahasiswa, dan wisatawan. Masyarakat umum sebagian besar terdiri dari masyarakat yang bergerak di bidang agrobisnis dan perdagangan. Dari kalangan mahasiswa berasal dari beberapa perguruan tinggi dan lembaga-lembaga pendidikan nonformal yang banyak terdapat di daerah tersebut. Para turis asing dan lokal juga merupakan pemakai potensial, karena daerah ini merupakan kota budaya yang kaya dengan peninggalan-peninggalan sejarah. Selain itu, tersedianya layanan internet di warintek akan memudahkan komunikasi antara masyarakat yang ada di rantau dan di kampung halamannya. Komunikasi dengan e-mail jauh lebih murah dan cepat dibandingkan dengan alat komunikasi lainnya seperti telepon.
Jasa/layanan informasi yang disediakan oleh warintek adalah penelusuran informasi dan penyediaan dokumen, dan jasa akses web (internet rental).
Jasa akses web merupakan jasa pemakaian jaringan internet untuk akses web guna mencari informasi pada situs-situs yang didinginkan pemakai ataupun untuk mengirim dan menerima surat elektronik. (Sekretariat Iptekda)


Cetak  Kembali ke daftar buletin

 Copyright©2001-2002 by LIPI Developed by Sentradata-Pentatika Modified by Waluya